Monday, August 4, 2008

Salah satu contoh protes mahasiswa

Namanya demo pasti ada alasannya. Inspirasi dasarnya adalah jiwa dan pikiran kritis dari seorang atau beberapa mahasiswa terhadap lingkungan sosialnya. Pikiran kritis umumnya lahir dari kondisi yang kepepet, dimulai dari masalah pribadi kemudian dipersuasif ke umum agar mereka merasakan apa yang pribadi rasakan.

Penyatuan perasaan menjadi "senasib sepersamaan", sebenarnya ga merasa, tapi "dirasa-rasa aja". Langkah terakhir... provokasi ..

Ada juga yang ga merasakan apa-apa, mo gitu atau gini kek .. mengalir aja seperti air. Tapi kayaknya ada yang kurang ya??? Yap, bukan mahasiswa namanya kalo ga ikutan demo... "HIDUP MAHASISWA!!!" (kuliah aja sering bolos..), "HANCURKAN ANARKIS!" (padahal lu sendiri anarkis..) , "BERANTAS KEMISKINAN!!" (omong doank, sedekah aja ga pernah!!) , "TURUNKAN SBY-JK!!" (biar gw bisa jadi presiden gitu ... haha.... :D )

Berilham dari itu semua, gw punya jiwa kritis sendiri, salah satunya adalah tentang biaya MK. PKL (Praktek Kerja Lapangan) yang ga etis..

Padahal kenyataannya adalah :

  1. Tempat PKL kita sendiri yang nyari (walaupun ada beberapa mahasiswa yang tidak dapat tempat maka pihak jurusan yang nyari)

  2. Ga seperti kuliah yang banyak tatap muka dengan dosen. PKL tidak menghabiskan waktu dosen. Jadi ga perlu ada fee tiap pertemuan.

  3. PKL bukan di kampus, yang ga makai ruang kuliah.

  4. Ongkos transport, makan, plus tanggung jawab dan resiko semuanya bertumpuk ke mahasiswa peserta PKL.

  5. Kalaupun ada saatnya menghabiskan waktu dosen, itu adalah waktu SIDAK (inspeksi mendadak) ke tempat PKL mahasiswa , dimana cuma sekali dan mungkin 2 hari selesai, toh juga bukan satu atau dosen aja. Kemudian saat bimbingan, itupun ga rutin, tergantung dosennya bisanya kapan.

  6. Semua beban dikembalikan lagi ke mahasiswa... :(

  7. Dan lain-lain.

Wuiih, keren.., lagi kepepet apaan, Bos?


  1. Ga ada duit, abis buat jalan-jalan bulan kemarin! :) , semester-semester kemarin malah ga perhatiin berapa duit semester kemarin, yang jelas udah hilang aja ditarik oleh pihak bank dan kampus. Beda ama semester sekarang.. lagi kena kanker nih ... (kanker : kantong kering..)

  2. Mau berhemat, malah sakit 2 hari 2 malam :(

  3. Mo ngutang ma teman, malah teman curhat kalo HP nya baru hilang ... :(

Life is journey ... eventhough have no money, i'm not sure I will die ... :D KEEP FIGHT !!!


Catatan :

Gambar di atas diambil dari uji coba krs online, jadi masih dalam status uji coba.. moga-moga aja pas hari-H biayanya turun .. Amin. Atau malah tambah naik... WHAT ???????

7 comments:

asfarian said...

Kita lihat saja nanti....
Emang biayanya harusnya berapa ya?
Kan biaya 1 SKS di sini paling mahal 50.000

rafdi said...

wkwkwkwk...
abis dah klo gini gaji pkl..
tadinya ada sisa 300000 klo dikurangi transport makan dan kos...

tapi sekarang pas amat 300000 juga..
ludes de.....

btw happy b'day

wildan said...

Alamak.. ck ck ck, semahal itukah ? Logis juga "demo" lu ,. he3.. ( jarang2 nemu demo yang logis )

Btw, mau di posting ke milis ? anonim dah, atas nama gw, ge3.. ;)

fR3dDy said...

@asfarian : Tetap segitu , tadi udah dicoba juga, ga turun2 juga. Kolokium yang cuma 1 SKS dan cuma 1 kali pertemuan aja udah 100rb. Susah kalo udah mo tingkat akhir.

@rafdi : Utang... utang ... :D

@wildan : Posting aja di milis Bos, pakai nama lu aja ya .. hehe...

nurussadad said...

klo ane masih tambah tunggakan gak jelas dari TPB 1,2j
gara2 lupa komfirm klo udah bayar/....

Boan Tebar Pesona said...

pengalaman yah bozz......he3
bener juga sehhh...pernah ngerasain juga gw!!!!!!!

banio said...

hehe2 bener bgt tuh fred..i fell the same..Ga logis bgt biaya PKL kita.
Gw iseng nanya ke pak "*****", truz dia jawab: SIDAK tu butuh biaya paling gede..karena ga mau cekcok, gw diem aja..(kalopun debat pasti gw bakalan kalah soalnya..)
Kalo mau: demo bareng2 ja ke dept..(hahaha)..berani??("0-0")