Sunday, January 27, 2008

Terbaik dan Terfavorit ... versi-Q

Karena lagi malas cerita yang aneh-aneh, mendingan gw mengutarakan sesuatu yang s-t-d aja , aka standar!

Tiap-tiap manusia makhluk jadi-jadian pasti punya something yang dianggap terbaik untuknya , yang berarti belum tentu terbaik bagi orang lain. Dan dapat disimpulkan something tersebut adalah sesuatu yang terfavorit bagi aku, dia, atau mereka ,dan akhirnya ingat kamu ! [ alah,,,, ngaco ^0^ ]

Kesimpulannya, mari saatnya bernarsis-narsisan !

Sistem Operasi : Only one OS in my computer, it's Linux Ubuntu ! Are You Ready Linux ? (ngutip dari iklannya Novell)

Alasan : Suka aja !

Text Editor : Notepad++ (nginstal Wine dulu baru bisa jalan di Linux!)
Alasan :

  • Hight lighting sintax, light explorer , dan tentu aja karena gw suka ! Sebelumnya udah nyoba macam-macam, seperti Screem, Bluefish, PHPgedit, Kwrite, gEdit, Nvu, dsb., tapi kayaknya Notepad++ tetap ga bisa tertandingi.
IDE : Netbeans (khusus Java)
Alasan :

  • It's powerfull to me ! Walaupun kadang-kadang gw sering kerepotan ngatur plugin dari Netbeans yang ternyata masih "belum siap pakai", seperti iReport, tapi apalah daya untuk hal yang lain, Netbeans masih sehati ama gw!

Games : Mahjong . , ha..ha... ^0^)
Alasan :

  • Kalo lo ngerti filosofi main mahjong pasti demen ama nih permainan. Gw ga akan jelasin filosofinya kayak apa, itu bisa tanya ama Om Google. Main mahjong itu gampang banget kok, cuma ngandalin mouse doank ! Untuk game yang lain, gw masih betah ama game 2D daripada 3D, alasannya karena gw suka!

Framework for PHP : CodeIgniter
Alasan :

  • Ringan, powerfull, Dokumentasi lengkap, human friendly URL, struktur MVC-nya jelas., dan satu lagi yang pasti : gw suka ! Sebenarnya ada macam-macam kriteria saat gw nentuin framework favorit (dari hasil survei di lapangan!), di antaranya yang telah dijelaskan di atas (hoho...). Ga ngerepotin seperti ngatur setting servernya dulu, path ini ditambah ini itulah, coba banyangin kalo kita pakai server hosting-an, mane dia mau kita minta ubah setting servernya ini itu! Ga pake main CLI (Command Line Intrepreuter) alias cape dech ! Dan murni dibuat pake PHP !
Template Engine For PHP : TinyButStrong (TBS)
Alasan :

  • Ringan, powerfull, dokumentasi lengkap, murni PHP, dan ga ada .tpl- nya , kecapean gw ngurus .tpl tiap saat! Sayangnya sampai sekarang gw masih belum bisa nemuin cara ngegabungin antara framework CodeIgniter dan template Engine TBS, sebab CodeIgniter sendiri udah punya sistematika template engine sendiri. Jadinya yah.. kalo gawe sendiri pake TBS , tapi kalo rame pake CodeIgniter!

Situs wajib : Google ama keturunannya (Gmail,Google Readers, Google Groups, dsb)
Alasan : Tahu sendirilah !

Situs Jejaring Sosial : Facebook !
Alasan :

  • Komunitas yang kuat dan fitur-fitur yang ditawarkan menarik dan berbeda dari situs-situs yang sejenis.
Download Manager : wget !
Alasan :

  • Ringan, cepat, ga putus-putus saat ngunduh, ga ngehabisin bandwidth, dan berbeda tentunya !

CMS : Drupal
Alasan :

  • Ringan, powerfull, dokumentasinya supeeeeeeeer lengkap, struktur MVC nya jelas, dan pasti gampang dimengerti saat di development!

WIYSWG Editor : Open WIYSWG
Alasan :

  • Dari beberapa WIYSWG editor yang gw teliti (alah ...) seperti FCKeditor , TinyMCE , dan SpawEditor, OpenWIYSWG yang menjadi pilihan hati gw. Ringan, walaupun mungkin tidak se-powerfull seperti 3 editor di atas. Mungkin karena alur koding programnya yang sederhana tapi jelas membuat gw jatuh hati ama nih editor. Tapi sayangnya dalam kesehari-harian gw sering pakai TinyMCE ... ^0^)
Nyambung ga nyambung berarti kesimpulannya adalah : EFISIENSI !


2 comments:

Anonymous said...

tulisan yg bagus, jd bisa buat inspirasi gw ..
makasih y..

salam kenal y

Anonymous said...

di ubuntu bisa main counter strike gak?