Sunday, December 9, 2007

POSS IPB

Sabtu, 8 Desember 2007 telah diadakan acara seminar dan workshop sebagai rangkaian acara dari POSS (Pendayagunaan Open Source Software) IPB. Bertempat di Ruang KOM1 dan KOM2 Kampus IPB Baranangsiang. Mengundang peserta dari guru dan siswa-siswi SMA/SMK se-Bogor beserta umum.


Untuk pembicara seminar didatangkan dari KPSI IPB (Bpk. Julio Adisantoso dan Bpk. Heru Sukoco), KPLI Bogor (Bung Utian), dan Komunitas Edubuntu (Bpk. Toosa, Bung Bayu, dan satu lagi lupa!).


Untuk pengisi workshop adalah dari Komunitas Edubuntu dan KPLI Bogor (Bung Arif Syamsudin).


Acara berlangsung dari Pkl. 09.00 – 16.00 WIB .


Kemudian, kenapa gw nulis ini?

Karena gw salah satu dari panitianya.. :(!


Jadi gini kronologi masalahnya ..


Hari itu tumben gw bisa bangun pagi_ atau lebih tepatnya dibangunin! Bangun pkl. 05.17 , mandi + melepas hajat, shalat, ngelamun sebentar sampai pkl. 06.00, terus berangkat menuju Telkom di Bara, tempat teman-teman pada kumpul.


Ada kisah ga menarik saat di Terminal Laladon, waktu mo naik angkot ke Baranangsiang, yang pada mo naik tu rame banget, pada ngantri, nah pas giliran gw mo masuk .. “Lho udah penuh ya!” Sambil ngelongo lihat teman gw yang udah masuk di dalam angkot. Karena gw baik hati (kata lain dari “lagi apes”) akhirnya gw naik angkot satu lagi dan sendirian! Sambil nenteng kardus yang lumayan gede yang isinya plakat untuk pembicara.


Sampai di kampus, nyiapin ini nyiapin itu, photo kopi modul ini modul itu, yang pada awalnya ngutang dulu (karena masih pagi dan ga ada kembalian), tapi pas siang karena kesibukan “nge-asistenin” pembicara untuk workshop tiba-tiba ada seseorang datang ke gw ... “Mas, yang photo kopian tadi udah dibayar belum? Tadi situ ditanyain..”


Astagfirullah ... * gw kira dia udah lupa...!! *^o^)


Pada acara seminar, sesi pertama diisi oleh KPSI, Bpk. Julio nerangin tentang POSS Networking, gambaran umum tentang POSS__ sekaligus pembukaan sebagai Ketua Panitia . Sesi kedua, Bung Utian jelasin tentang Linux dan keuntungannya, dan sempat nyinggung tentang fatwa MUI tentang Haram Membajak! Dan sesi terakhir oleh komunitas Edubuntu, secara umum menjelaskan aplikasi-aplikasi pendidikan yang ada di Linux.

Acara seminar selesai sampai pkl.12.30 WIB.


Pada acara workshop, peserta dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok di Ruang KOM1 dan yang lain di KOM2, gw menjadi penanggung jawab untuk KOM2, yang mana acara tersebut diisi oleh Bpk. Toosa. Khusus untuk KOM2, topik yang dibahas cukup menggigit, di antaranya seputar LTSP, software pendidikan, remote dekstop, windows emulator, hingga ada yang membahas tentang PHP dan HTML.


Ada masalah sedikit, yaitu pada Proyektor LCD yang resolusinya lemah. Waktu di CPU mau jalan, tapi pas di laptopnya pembicara ga mau. Cukup menghabiskan waktu juga untuk ngatur ini ngatur itu yang akhirnya gagal! Pusing gw, apalagi gw harus pergi ke photokopian untuk “itu”, alhamdullilah ada teman yang bawa proyektor LCD cadangan.


Workshop selesai sampai pkl. 15.00 , dilanjutkan dengan acara penutupan.


Salah satu bentuk acara penutupan adalah door prize. Hadiah utamanya ga tanggung-tanggung lho, HP Flexi !! Mumpung sponsor utamanya Telkom Flexi :)


Acara selesai pkl. 16.00, seperti biasa, peserta ambil sertifikat dan kumpulin testimoni (berupa kesan, pesan dan saran). Untuk testimoni alhamdullilah respon dari peserta cukup baik. Hampir 90% mengatakan puas. Ternyata animo guru dan pelajar terhadap open source cukup besar. Ini patut dipemberdayakan lagi. VIVA OPEN SOURCE !!!


Demikian orang tampan melaporkan.

Untuk dokumentasi, segera menyusul!

2 comments:

lassadad said...

gw gak tau infonya :(

kohaci said...

udah ada pengumumannya kok di http://www.ipb.ac.id/id/?e=75 ,
POSS ini sifatnya jangka panjang kok, ntar kalo ada informasi lagi tak kasih tahu .. OK ..