Sunday, December 23, 2007

SMP ooh SMP ++

Bagi gw persaingan iu perlu, malah penting. Terlepas dari kotor atau bersihnya, persaingan itu mampu memacu semangat dan menjelaskan tujuan hidup itu bagaimana.

Gw mulai ngerasain pentingnya persaingan itu waktu kelas 1 SMP. Yah.. karena waktu itu gw masih polos, imut, dan tampan (sampai sekarang), persaingan gw waktu itu dalam hal belajar. Berusaha memacu sampai peringkat pertama.


Gw milih sendiri siapa saingan gw, yang mungkin saja dia ga tahu kalo dia gw anggap saingan. Dan tentu saja persaingannya hanya sebatas dalam belajar saja, untuk hal lainnya still my friend.

Waktu itu gw pilih Puty, teman sepermainan gw dari TK ampe sekarang (karena tetanggaan) . Anaknya pintar banget, waktu SD dia peringkat pertama terus, dan dia contoh tipikal perempuan pekerja keras.


Waktu SD, gw susah banget dapat rangking di kelas, mungkin karena gw sering masuk BP kali ato emang malas ... dan harapan gw di SMP harus dapat rangking minimal di kelas. Ga ada lagi istilah masuk BP-BP-an , karena guru BP itu sendiri adalah tante gw. (^0^)


Pada caturwulan pertama (kelas 1), dengan semangat dan doa (nyeleyeh..) gw dapat peringkat 4 kelas. Peringakat pertama masih tetap Puty. Walaupun sebenarnya waktu itu gw pesimis dapat peringkat kelas, ini disebabkan gw bikin masalah dengan guru muatan lokal yang imbas-imbasnya nilai muatan lokal gw tertulis di rapor adalah “4” alias nilai merah !


Caturwulan kedua, guru muatan lokalnya ganti, gw semangat lagi belajar, dan akhirnya dari “4” nilai muatan lokal gw naik drastis menjadi “9”. Dan rangking gw naik satu peringkat. Dan caturwulan berikutnya gw mampu masuk peringkat pertama kelas.


Nah kelas 2, gw ama Puty ga sekelas. Merasa saingan udah nyerah, akhirnya gw mulai agak malas-malasan. Celakanya, waktu penerimaan rapor, diumumkan peringkat umum pertama kelas 2 adalah gw. Dengan jumlah nilai 108 alias rata-rata 9 . Wowww, pintar banget gw!


Heran? Tentu saja heran. Wong waktu ujian agama aja yang semua soalnya minta tulis ayat ini ayat itu gw ga jawab __ semuanya , nah ini.. rata-rata 9 , datang dari mana?


Semua teman dan guru yang ngelihat gw , senyum-senyum, seakan-akan ingin mengeluarkan ekspresi “Wah.. wah ... pintar banget nih anak ...“ .


Setelah rapor diterima, gw ngelihat , dan ...

Waduuhhh ! Wali kelas salah menghitung, seharusnya nilai gw tuh 98, bukan 108 !


Teman-teman pada nyerbu, ingin melihat rapor gw yang mungkin dianggapnya sesuatu yang “wah”. Tapi dengan sikap yang polos, imut, dan tampan (sampai sekarang), menolaknya : ”Ah.. jangan ah, ga enak nih, malu !” .

Dan kesalahan perhitungan nilai oleh wali kelas tersebut tidak pernah gw ceritakan pada siapapun. Hingga gw lulus SMP. Biarkanlah orang mengingat bahwa ada anak pintar yang pernah menduduki juara umum kelas 2 caturwulan 1 dengan jumlah nilai 108 ! ^-^)


Caturwulan berikutnya , seperi yang telah diprediksi sebelumnya , gw ga pernah masuk peringkat umum !


No comments: