Thursday, March 20, 2008

3 days b4 Holiday

Senin

Bersama Bos Jack, Kang Arif, dan Pak Yan presentasi tentang KPLI Bogor (GRUB) ke balai kota Bogor bagian Telematika.

Bangun pukul 5 pagi (tumben..), langsung melakukan ritual pagi. Berangkat dari Dramaga ke pemkot (pemerintah kota-red) Bogor pukul 06.30, sampai ke tujuan pukul 07.20 kurang beberapa menit. Nungguin yang lain sambil makan bubur ayam yang berjejeran di depan berbagai macam bank yang ada di sebelah balai kota (ada Bank NISP, Mandiri, dsb.. ). Sebenarnya ga lapar, tapi daripada nongol ga jelas mendingan habisin waktu untuk nunggu di warung bubur ayam. Dan ga enak! Mahal lagi !

Selang beberapa saat akhirnya datang teman-teman dan mulai start ke balai kota pukul 08.00.

Sesampai di sana, ngobrol-ngobrol dengan dengan orang-orang di sana (pemda-red), seputar Linux dan open source tentunya. Awalnya kami kira, pertemuan hari itu hanya sebentar saja, sifatnya lebih ke silaturrahmi aja antara pemkot Bogor ama KPLI Bogor sambil membicarakan kerja sama ke depannya. Ga tahunya hari itu ada pelatihan IT ke masyarakat di sana, dan secara "mendadak" kami diminta untuk menjadi pengisi materi pada acara tersebut (untuk dua jam pertama). Bingung.

Kami mulai nyari-nyari slide untuk presentasi. Awalnya gw usulin pakai modul kuliah gw (
komunikasi data dan jaringan komputer punyanya Pak Heru) yang ada bab tentang pengenalan linux-nya. Tapi karena header dan footernya ada tulisan "Departemen Ilmu Komputer IPB" akhirnya ga jadi (ntar dikirain ngasih materi kuliah). Kang Arif mulai meriksa draft-draft di emailnya dan akhirnya ketemu, kami pakai slide Bos Utian Ayuba.

Toleransi yang diberikan panitia acara adalah 2 jam untuk kami, yaitu dari pukul 10.00 - 12.00 . Presentasi kami dibuka oleh Pak Yan sekaligus memperkenalkan kami ke peserta + pengenalan tentang GRUB secara garis besar. Kemudian yang yang jadi jubir presentasi adalah Bos Jack selaku ketua GRUB menjelaskan tentang Linux itu apa. Kang Arif sebagai pemandu bila ada yang bertanya secara personal, dan gw? Gw sebagai operator Bos Jack. :D

Oh ya tema acara tersebut adalah "Pelatihan IT Sebagai Media Pemasaran Ekonomi Masyarakat Dalam Rangka Pemberdayan RICE (Regional Information and Technology Center Of Excllence) ". Kalo ga salah panitia di sana bilang lebih ditekankan ke pemanfaatan blog (gitu dech..). Pesertanya kalo ga salah dari organisasi mesjid online Bogor.

Alhamdullilah respon di sana cukup baik terutama dari panitia (pemerintah kota bagian telematika) di sana. Setelah selesai presentasi, ishoma (lebih tepatnya makan-makan) di ruang yang telah disediakan. Sambil makan-makan kami (dengan pemkot di sana) membicarakan langkah-langkah selanjutnya atau lebih tepatnya "kerja sama" kali ya. Isu utama adalah langkah migrasi ke linux. GRUB tentu aja siap membantu dan men-support. Bicara ini itu, dan Insya Allah Senin depan GRUB diundang lagi untuk memperkenalkan linux dan open souce ke bagian internal telamatika pemkot. Viva Open Source!!

Pukul 12.10 kami pamit dan gw langsung tancap gas (maksudnya nyari angkot-red) ke kampus, karena pukul 13.00 ada kuliah ... ;p

Selasa

Sebenarnya tidak ada kegiatan khusus hanya saja sekitar pukul 12.30 gw ditelepon kantor agar ke sana. Ditugasin ke Jakarta saat itu juga, lebih cepat sehari (rabu-red) dari yang direncanakan sebelumnya. Setelah kuliah (pukul 15.00) gw langsung ke kantor. Ada suatu hal yang sebenarnya bagi gw biasa, tapi karena sikon gw lagi buru-buru akhirnya kesal juga, yaitu angkot yang gw tumpangin dari Laladon-Baranangsiang. Sopir angkotnya ngebut dan ujung-ujungnya beradu dengan angkot lain yang melintas dari dua arah yang berbeda. Kaca spion pecah, tapi si sopir masih aja tetap ngemudi. Ada bapak (penumpang) yang marah-marah ke sopir, sayang gw ga bisa terjemahin karena ga konek ama bahasa Sunda. Angkot yang lain (yang beradu dengan angkot yang gw tumpangi) langsung mengejar angkot gw dan ketangkap. Akhirnya ya... Berantem gitu , dan gw tentu aja kabur nyari angkot lain dengan harapan tidak ada masalah lagi. Walaupun ada masalah sedikit ama angkot baru yang gw tumpangi tapi alhamdullilah gw sampai pada tujuan dengan selamat dan ga macet tentunya!

Sesampai di kantor ternyata tidak jadi berangkat ke Jakarta hari itu juga, tetap pada rencana awal, Rabu.

Rabu

Sekitar pukul 11.00 ke kampus IPB Baranangsiang, sayangnya gw tuh lupa kalo Rabu itu departemen tutup, karena orang-orangnya pada rabuan di kampus IPB Dramaga. Waduuuh... Niat awal ke sana mo ngambil kunci Sekret POSS tapi departemen tutup gitu + yang megang kuncinya lagi libur! Waduuh... waduuuh ....*kepada siapa lagi kumengadu*

Pukul 15.30 ke Jakarta dengan Bang Aghi. Selama diperjalanan kerjaannya nyanyiin lagu-lagu Chrisye.

Pukul 17.30 sampai ke tempat tujuan (dengan debu macet yang masih melekat tentunya).

Pukul 18.15 mulai start tugas utama di server sana, layaknya film Die Hard 4 yang lagi backup data server diam-diam,tapi ini bukan gitu, tapi nginstal gitu-gitu dech (dan ga ada backup-backup nya) .. Dan tentu aja ga seseru di film-film. Karena ini bukan film!

Pukul 20.00 selesai, gw diminta untuk nunggu di ruang server. Karena bosan akhirnya gw ngenet, lumayan akses internet di sana cepat. Dan seperti biasa kerjaan gw adalah "nyedot bandwidth", unduh ini unduh itu, imbasnya "Full Disk Space!". Ternyata USB 2GB + 512 MB ga cukup menampung kerakusan unduhan gw. Btw, yang gw unduh lumayan-lumayan ga nyambung, yaitu : Netbeans 6.1beta Linux (wajar), Netbeans 6.1beta Windows (emang kompi gw da windows gitu??), XAMPP for Mac-OS (edan! emang gw ada Mac-OS, nyentuh aja belum pernah!), photo book Aiko Kayo (pastinya.. ^0^), film-film durasi 30 menitan (ini yang banyak menghabiskan space USB gw), software IDE (lupa namanya) titipan Bos Wildan, ebook "Don't Make Me Think! A Common Sense Approach to Web Usability - Steven Krug" , dan macam-macam yang ga jelas karena saking bingungnya mau mengunduh apa. Prisip gw ngenet : Ga ada taste-nya ngenet kalo ga mengunduh sesuatu!

Chatting ma teman-teman yang lagi online. Awalnya Bos Wildan, trus Wikhdal, dan terakhir April. Ampe pukul 22.30 baru cabut dari situ.

Sampai ke Bogor lagi pukul 00.30 , mampir makan dulu di Saras.

Karena kemalaman (sangat malam pastinya) gw nginap di kantor aja, ntar paginya baru balik ke kosan di Dramaga.

Sesampai di kantor, gw ga tidur. Karena sibuk ngenet dan merevisi beberapa bagian dari pekerjaan. Kesimpulannya : Rabu, tidak tidur 24 jam!

Kamis

Balik pukul 06.10 dan sampai ke kosan 07.05, tidur pulas dari pukul 08.30 sampai 13.30! I'm so tired!

No comments: