Monday, March 24, 2008

Laporan Pelatihan di Pemkot Bogor

Pemateri :


Topik :

  • Pengantar Singkat Tentang Linux (Modul Terlampir)


Hari/Tanggal :

  • Senin, 24 Maret 2008


Waktu :

  • 09.00 - 13.00


Tempat :

  • Kantor RICE , Balai Kota Bogor


Peserta :

  • Pegawai Telematika Pemerintahan Kota Bogor (lebih dari 12 orang)


Deskripsi :

Secara keseluruhan acara ini berlangsung cukup lancar, ini ditandai dengan banyak (+bejibun) pertanyaan yang terlontar dari peserta. Pertanyaanya mulai dari basic sampai advance. Isu yang hangat dibahas adalah masalah pemilihan distro yang sesuai untuk mereka. Sampai akhir acara pemilihan distro tersebut masih belum terjawab.

Kemudian untuk pertanyaan-pertanyaan yang advance ini menyangkut masalah susunan directory di linux dan fungsinya berserta tentang File System, lebih ke arah konsep. Untungnya ada Pak Yan dan Pak Bonny yang udah ahlinya. Pertanyaan tentang konsep lumayan banyak dibahas, ini wajar karena basic dari peserta adalah juga dari dunia IT.

Demo instalasi Ubuntu 7.04 (+ penjelasannya) di komputer server mereka (edan, hard disk 500 GB !!!). Awalnya Ubuntu 7.10 tapi karena CD-nya macet kemudian diganti dengan Ubuntu 7.04 ME tapi macet juga. Akhirnya diputuskan pakai Ubuntu 7.04, dan alhamdullilah berjalan lancar.

Konfigurasi jaringan dengan samba . Lancar.

Konfigurasi printer, ga tahu gagal atau gimana yang jelas waktu tes print ga bisa jalan. Mungkin tersangkut ke masalah driver.

Dari awal, acara dicanangkan cuma setengah hari, tapi karena antusias peserta yang cukup besar , maka ditargetkan setelah makan siang acara tetap berlangsung. Tapi karena aktivitas dari masing-masing personil (pemateri-red), akhirnya setelah makan siang kami semua mohon pamit aja. * Mungkin ada yang ingin ditambahkan dari Pak Yan dan Pak Bonny yang waktu pamit ngobrol dulu dengan panitia di sana ? Ada pesan ga dari sana? *

Kekurangan :

Ga tahu ini kekurangan dari kitanya atau dari mereka. Intinya tidak diberikan spesifikasi yang detail tentang kebutuhan mereka sehari-hari pada software yang biasa mereka pakai. Sehingga dari kami sendiri agak bingung ingin menekankan di sebelah mananya topik yang ingin dibahas. Seperti kebutuhan pada office, graphic design, multimedia, server, atau ??? Sehingga materi kami sampaikan tidak terstruktur.

Pak Yan dan Pak Bonny telah menanyakan hal ini, tapi dari mereka lebih condong ke masalah pemilihan distro dulu, baru software-software apa yang dibutuhkan menyusul.

Meskipun begitu, animo mereka untuk mencanangkan migrasi ke linux sangat besar. Viva Open Source !!

* Pak Yan dan Pak Bonny tolong ditambah .. *

* Pak Yan, dokumentasinya donk... :D *

====

Btw, ini ada modul pelatihan yang dipakai kemarin. Hasil copy-paste dari beberapa artikel. Tolong diedit dan ditambah, dan dikembaliin lagi ke milis. Sorry,untuk modul, ga nerima saran, kritik, ataupun caci maki. Kami butuh bukti, bukan suara! ;p

Download modul (di files milis juga udah terlampir)

2 comments:

Anonymous said...

Berita baru.

Bntar lg ada seminar dan workshop "Solusi Murah Penerapan Teknologi Informasi Pada Dunia Pendidikan dengan Mengugunakan Linux". Kalo berminat, ikutan ajah. Pasukannya dibawa ya !!

Kejauhan ya ??

Buka disini.

Linux Invasion

kohaci said...

Wah keren..
Tapi kejauhan Bos ...
Sukses aja ya..
Bravo Linux !!