Monday, August 6, 2007

Editor dan IDE Kesayangan

Salah satu alasan mengapa di komputer gw masih bercokol OS Windows, adalah karena adanya Notepad++ dan wxDevC++. Sayang versi Linuxnya ga ada, kalo ada udah dari dulu OS Windows gw tinggalin.

Seandainya Pak Julio (Dosen gw) ga ngenalin editor satu ini (Notepad++) ke anak-anak kelas, mungkin sampai saat ini gw masih makai editplus, yang notabene ga gratis (oii man, OS Windows bayar juga tahu.. :0 )

Gw udah coba beberapa editor ataupun IDE yang cocok, tapi kayaknya Notepad++ masih teramat sayang untuk ditinggalin.

Di antara editor yang pernah gw coba :

Notepad :
Siapa sich yang ga tahu ama notepad? Begitu berjasa notepad dalam hidupku, hingga saat ada salah sintaks/error di baris sekian, gw bingung bagian baris mana yang salah. Capek dech menghitung baris coding satu per satu. Cukup sampai di sini perkenalan gw ama elo, notepad!

EditPlus :
Nih editor emang keren, higtlightining sintax nya lumayan tajam. Fitur-fiturnya juga udah lengkap. Tapi sayang ... bayar! So, kalo ada versi baru, harus nunggu berbulan-bulan untuk dapat cracknya. Waktu udah dapat cracknya, versi yang lebih baru lagi udah keluar. Yah, beginilah perkembangan dunia man.. Tapi nih editor cukup berjasa dalam mengarungi kehidupan gw sebagai programmer (alah ngaco dech.. :0),situs gw yang pertama www.onepiece.43i.net dan www.blog-ozawa.co.nr gw bikin pakai EditPlus. Sebelum akhirnya pindah ke lain hati (Notepad++).

PsPad :
Dikenalin ama Bos Wildan , sebenarnya dibandingin Notepad++ nih editor cukup lengkap, hampir selengkap editplus. Banyak kemudahan yang ditawarkan, salah satunya kode warna (apa ye bahasa ilmiahnya..), Notepad++ ga ada gituan, biasanya ngambil dari kode warna di photoshop atau di editplus :D .. Btw, nih editor kayaknya cuma ada versi Windows aja.

KWrite :
Nih, editor dedemitnya (atao dedengkot) Linux, hampir menyerupai Notepad++ , tapi masih enakan Nopetad++ :-D ..

gPHPedit :
Sama, berjalan di OS Linux, udah kayak IDE . Lengkap, praktis, hampir kayak Netbeans gitu. Ibaratnya "tinggal makai". Tapi kayaknya kurang sreg aja gitu ..

PHPeclips :
IDE nya PHP, ada di Windows maupun Linux, library full abizz. Kalo pakai "svn", pas commit, dari PHPeclips ini aja, ga perlu ke Windows Explorer ato di Home Folder. Yah, bagi gw ya, masih belum bisa pindah ke lain hati.. Walaw sering Kak Ifnu ingatin "Hari gini masih pakai notepad++ !" . Yah.. biar kelihatan expert aja gitu aja lho.. he ehe he ...

wxDevC++ :
Yah, ini emang adanya di OS Windows (kalo ga salah, tolong dikoreksi), sampai sekarang masih makai. Gw senang make nih IDE (ato compiler kali ye yang paling cocok), karena udah mendukung pemograman visual C++, dan tentunya ... gratiss!!!

Netbeans :
Yah jujur aja, bikin program java di notepad++ ternyata melelahkan.. Banyangin aja gw bikin program visual hitungan (a+b) pake notepad sampai 2 hari, yah di Netbeans cukup 10 menit. (Mak..., betapa sedihnya anakmu..!!) . Di Netbeans cukup klik ini itu, edit dikit, jadi dech.. (konsep sederhananya kayak gitu Bung!) . Ya yah, gw akui gw masih newbie di Pemograman Java, harapannya semoga aja bisa. Dengar-dengarnya sich .. gaji programmer Java lebih gede dari programmer PHP.. tapi ga tahu nih kabar programmer C/C++ , kayaknya pasti lebih tinggi (wah lagi-lagi duit) ... :D . Sampai sekarang masih bertahan di komputer gw, gw pake Netbeans 6.0, itu udah lengkapnya librarynya, mobility pack nya udah lumayan komplit, jadi ga perlu download-download lagi. Yah, saat-saat ini masih belajar, doain aja bisa dan semakin ... Amin..

Notepad++ :
Beribu-ribu kata terimakasih gw ucapin ke editor satu ini. Karena sangat user friendly sekali ama gw and tugas kuliah dan pekerjaan terselesaikan dengan editor satu ini. Thanx berat. Sayang versi linuxnya ga ada, gw udah coba jalanin pake CrossOver Notepad++ di Linux, berhasil.. tapi , kayaknya masalah user interface nya ga sreg ama gw. However, nih editor sangat bersejarah bagi gw. Jayalah selalu Notepad++ .. (alah... ngaco lagi!!).

Apalagi ya.. ya mungkin cuma itu, ato mau pamerin editor ato IDE-mu , silahkan bernarsis ria dengan editor ato IDE mu di sini. (^0^)

8 comments:

Luthfi said...

makanya
pake barang yg sudah jadi :-)
*kembali ngejunk*

fR3dDy said...

Biar kelihatan lebih keren gitu lho .. waduh gimana sich .. prinsip sok cool tuh mesti ditegakin .. he he he..

cira said...

Notepad doank??
pheeew...

aa'wildan said...

namanya syntax highlighting ;p

ciramudya said...

ah bingung
cira slh ngomong ni...

maksudnya Notepad tanpa ++..
tanpa highlighting.delele...

nambah-nambah daftar editor yang ada doank...
kaloADAyangMOmakeSILAHKAN,,
hehe...

fR3dDy said...

@wildan : bos bedanya, dengan highlighting syntax apa ? beda letak doank ya.. :) :D

@cira : wow, luar biasa sekali ya.., pake notepad doank.

ciramudya said...

melatih keawasan mata itu perlu, bung...
(alah, buat apa mencape-capei diri)

Fany said...

hmm dulu pernah make juga: UltraEdit dan Macromedia Homesite (eh bener gak ya homesite namanya, lupa) :P

Kode warna, kalo pake firefox donlot aja addon nya, yg namanya ColorZilla... jg bisa buat liat kode warna di layar web yg lagi dibuka.