Tuesday, October 2, 2007

IBM Lotus Symphony

Tertarik dengan berita di detik.net yang lagi rame-ramenya tentang software office keluaran IBM (IBM Lotus Symphony), dan .... bla.. bla... bla ... yah.. intinya gw juga penasaran ama itu produk.

Langsung aja dari Lab Komputer di kampus gw unduh. Unduhnya hari Jumat,ngambilnya hari Senin. Lho ? Ya iyalah, kegedean kapastitasnya (213.4 MB), daripada nunggu kelamaan, mendingan tinggalin aja. Selama masih ada di komputer (tempat gw unduh-red), kapan-kapan pasti bisa ngambil juga.

Nah.. setelah itu gw instal dech (ya iyalah.. masa gw makan!!!).

Woi, ternyata keren juga!!

Yang paling gw demen ama program atu ini adalah sistem tabulasi-nya. Jarang-jarang lho ada program dengan kapasitas gede menerapkan sistem tab per tab (entah apa kata-kata yang cocok ... ), apalagi basis pembuatannya dengan Java, yang sebagaimana diketahui sistem thread (contohnya kayak yang tab-tab itu ..) masih “kurang bagus”.

Gw kurang tahu ya, apa Ms. Office 2007 pake sistem thread juga atau ga, soalnya ga pernah nyoba! Yang jelas yang biasa gw pakai (Open Office 2.2.0) maupun di atasnya masih belum pakai sistem thread tersebut. Walaupun sama-sama berbasis Java dan mempunyai format ODF, yah ... kita lihat ntar gimana perkembangannya !!

Dan plus satu lagi untuk IBM Lotus Symphony, gw suka banget tampilannya!! Menawan !! :)

Itu baru versi beta, semoga versi stable lebih keren lagi ...


Photo -photo :

Tampilan Saat Loading

Tampilan Lotus Symphony Documents

Tampilan Lotus Symphony Spreadsheet

Tampilan Lotus Symphony Presentation



Salute for IBM!

Viva Open Source !!!

No comments: