Tuesday, October 2, 2007

Pemuja, Fans, dan Penggemar

Di kampus, gw punya teman dengan minat yang sama . Sama-sama menggemari musik, minat yang sama dalam permainan gitar, dan tertarik ama aktris-aktris Jepang. Di bagian terakhir, ternyata teman gw ini sangat menggemari Sawajiri Erika, dan bukan hanya sekedar menggemari tapi udah sampai memuja (bilangnya-red).

Sebenarnya adalah wajar jika ada seorang pemuda “menggemari” seorang pemudi dan sebaliknya, dan patut ditanya “keasliannya” jika sama-sama “kutub utara”.

Nah kembali ke topik awal ...

Apa sich beda pemuja, fans, dan penggemar? (Untuk fans gw masukin ke istilah fanssub ... )

Jika gw menyukai sesuatu, gw menghindari sejauh-jauh mungkin untuk tidak menjadi “pemuja”. Sebab istilah pemuja disini sangat krusial, sudah sampai tingkat “keyakinan”. Dan satu-satunya yang patut dipuja adalah Yang Di Atas. * Sorry ya friend, bukan maksud mengkritik atau apa, gw ngerti kok loe pasti bercanda *

Nah bagaimana dengan istilah fans dan penggemar?

Gw ngartiin penggemar sama dengan istilah “menyukai”. Walaupun terjemahan penggemar dalam bahasa Inggris adalah fans. Tapi menurut gw ya, untuk penafsiran kayaknya beda. Fans itu lebih dari sekedar penggemar, dan sebenarnya ga bisa ditranslasikan begitu aja ke bahasa Indonesia. Semisalnya kayak istilah “nakama”, dalam bahasa Inggris ga bisa begitu aja ditranlasikan ke istilah “friend”, karena “nakama” itu lebih dari sekedar “friend”. Dan .. dan .. * Udah ah , ngaco!!! *

Contohnya kayak gini nih, jikalau anda nonton konser musik, terus ada orang Malaysia (atau orang Melayu dah .. ) nonton juga, anda tanyakan alasan kenapa dia nonton. Mungkin jelas jawabannya bervariasi untuk setiap orang, tapi ada peluang dia menjawab kayak gini,

Dia : “Saya peminat mereka
Anda : “Maksudnya fans?
Dia : “Bukan, hanya meminati aja


Perlu diketahui dalam kamu bahasa Inggris – Melayu , fans = peminat !!!

Atau lebih jelas kalau anda tanya langsung ke orang-orang bule.

Bule : “I like it
Anda : “Fans?
Bule : “No, just like it!

Bingung? Sama, gw juga bingung!! :D

Intinya aja dech, seseorang yang menyukai sesuatu dan menerimanya begitu saja mentah-mentah __ biasanya cukup penilaian dari pandangan pertama, maka itu disebut dengan penggemar, dan seseorang yang menyukai sesuatu dan proses penerimaan tidak langsung begitu saja dari pandangan pertama, butuh waktu, dan alur waktunya berjalan lama dan berkesinambungan, disebut dengan fans (fR3dDy : 2007) .

Gimana ama penulis ?

Penulis adalah fans One Piece dan penggemar Koharu Kuzumi !!!

:D :)

3 comments:

ÙüО said...

hmm...

Bukan Si Cira+ said...

bukannya si penulis merupakan penggemar Ciramudya??

wakakakak ;p

bukan si cira (tapi boong) said...

aduh,,
komen sebelumnya dah keenter duluan,
huh