Friday, April 18, 2008

MVC di CodeIgniter

CodeIgniter didasarkan pada pola pengembangan Model-View-Controller (MVC). MVC adalah sebuah pendekatan perangkat lunak yang memisahkan aplikasi logika dari presentasi. Ini meminimalkan script dari halaman-halaman web sejak script presentasi (HTML, CSS, JavaScript, dsb.) dipisahkan dari PHP scripting, istilah umum yang familiar adalah menghindari terjadinya spagetti code.


  • Model merepresentasikan struktur data yang dibangun. Umumnya kelas model berisi fungsi-fungsi yang membantu developer untuk mengelola, memasukkan, dan mengupdate informasi dalam database.

  • View adalah informasi yang disajikan untuk user, berupa tampilan atau user interface. View umumnya adalah tampilan sebuah halaman web itu sendiri, tetapi dalam CodeIgniter, view dapat juga menjadi bagian-bagian atau penggalan-penggalan halaman seperti header atau footer. Dapat juga sebagai halaman RSS, atau tipe-tipe halaman lainnya.

  • Controller bertugas sebagai penghubung antara Model, View, dan beberapa resource lainnya yang dibutuhkan untuk memproses HTTP request dan unuk men-generate sebuah halaman web.

CodeIgniter sendiri mempunyai metode yang lebih luas dari pendekatan MVC, ini terletak dimana Model boleh tidak diperlukan. Developer dapat membangun sebuah aplikasi minimal dengan menggunakan Controller dan View saja. CodeIgniter juga memunkinkan developer untuk memasukkan script atau kelas yang telah dibangun developer, atau membangun sebuah core library-library untuk sistem CI, memungkinkan developer untuk bekerja dengan cara sendiri.


Sumber : User Guide CodeIgniter

3 comments:

Anonymous said...

Yaps, betul sekali

Anonymous said...

fred, ada source code web yg bikinnya pake CI gak?? minta dunk...
tapi yg dah jadi , bukan 1 page doank

kohaci said...

@Eenx : Thanx ..

@ER :
Ada, tapi udah jadi hak milik client jadinya ya aya .. :D
Saat ini gw lagi bikin manajemen aplikasi image dan video streaming dengan CI. Ntar kalo udah jadi gw share di blog ini , open source pastinya ;p

btw, referensi web Indonesia yang pakai CI :
http://okezone.com
http://statistik.dkp.go.id/dkp (web DKP yang baru versi alpha)