Saturday, April 26, 2008

eBook Pegangan

Tulisan kali ini gw ingin sharing tentang ebook yang pernah gw baca dan mungkin jadi pegangan gw selama ini dalam menyelesaikan suatu permasalahan, terutama dalam pemrograman.

Hampir semuanya mengacu ke web programming dan bersifat implementatif, dikarenakan secara diri pribadi selama ini gw memfokuskan diri ke masalah web. Prospek yang menjanjikan, terutama saat bangkitnya era Web2.0 dan lahirnya teknologi WiMax, bukan suatu hal yang tidak mungkin, suatu saat nanti semua aktivitas kita (seperti office, spreadsheet, presentation,dsb. ) hanya dilakukan melalui satu jendela (program), yaitu web browser!


PHP Manual

Bahasa pemrograman web pertama yang gw pelajari adalah PHP, dan sampai sekarang gw masih cinta ama nih bahasa pemrograman. Framework PHP bertebaran dimana-mana (dan sepertinya bahasa pemrograman yang paiing banyak frameworknya adalah PHP). Jika dianalogikan maka PHP itu seperti Linux, PHP adalah kernelnya, framework-frameworknya itu adalah distro-distronya. :D

Buku PHP manual adalah kumpulan penjelasan tentang fungsi-fungsi serta library-library yang ada di PHP. Yang gw punya adalah penjelasan tentang PHP 4 dan PHP 5. Ini adalah kumpulan atau yang telah dipaketkan dari situs www.php.net dalam bentuk buku.

Buku PHP Manual ini adalah kamus besarnya PHP. Lengkap Abis. Ditulis langsung ama para developer PHP.

Karena isinya seperti kamus, jadi jangan harap akan ada penjelasan mengenai contoh kasus. Umumnya contoh penggunaan fungsi-fungsi di PHP. :)


PHP In Action - Objects, Design, Agility

Bingung ama OOP di PHP ? Bacalah buku ini.

Didasarkan pada PHP 5 buku ini sangat bagus dibaca bagi yang newbie ama OOP maupun sampai yang udah tingkat akhir advance . Penjelasan dan implementasi cukup bagus diterangkan di sini. Dan satu hal lagi kenapa gw suka ama nih buku, kata-kata dan penjelasannya lumayan kocak tapi jelas, ga monoton seperti buku-buku ilmiah umumnya, jadinya kita ga terasa jenuh juga membacanya.

Sekali lagi, bagus untuk kamu yang kebingungan ama OOP di PHP. Ingat : walaupun sintax dan prosedur PHP mirip ama C, tapi jangan harap OOP-nya sama seperti C++ , banyak metode seperti overriding dan overloading, proses perlakuannya berbeda dari C++. Sebab secara default sendiri metode tersebut tidak didukung oleh PHP. Jadi bagaimana caranya? Baca PHP In Action. Solusinya ada di sana ... * promosi *


Agile Web Development With Rails

Salah satu bahasa pemrograman yang gw elus-elus adalah Ruby. Bukan karena bahasa ini sekarang lagi hot-hotnya dan populer. Tapi karena keunikannya. Nulis program kayak kita ngomong biasa aja, jadi programming language di Ruby yah.. dasarnya dari human language. Seperti kita ingin mencetak angka sebanyak 3 kali, kalo di C, biasanya seperti ini :

for (i = 0 ; i < 3 ; i++) {
print("Hello Freddy Ganteng ") ;
}

Di Ruby :

3.times { print "Hi Freddy Ganteng " }

atau

3.times do
print "Hi Freddy Ganteng "
end

Hayoo , mana yang lebih gampang diingat ? * Sorry, bukan maksud membanding-bandingkan, gw juga dasar pemrogramannya dari C kok. Peace ! ^0^) *

Keunikan lain adalah karena Ruby bersifat scripting language dan dynamic programming , sama halnya seperti PHP. Apa itu scripting language ? Apa lagi tuh dynamic language ? Just Google It ! hehe2x ... Insya Allah artikel berikutnya gw akan membahas tentang Scripting Language vs Compiler Language dan menyusul berikutnya Dynamic Programming vs Static Programming .

Nah, karena gw malas mempelajari Ruby dari fundamental lagi, mendingan gw langsung belajar ke framework teranyar Ruby, yaitu Rails (sering disebur RoR - Ruby on Rails) . Di buku Agile Web Development With Rails, cukup lengkap membahas tentang RoR, kalo boleh dibilang buku ini kitab sucinya programmer Ruby (RoR). Sebab selama gw ngikutin milis Ruby, pasti selalu dialihkan kepada penanya untuk membaca buku Agile Web Development With Rails. Di komunitas Ruby luar negeri juga banyak yang menyarankan jika ingin belajar tentang RoR maka buku Agile Web Development With Rails adalah salah satu dari yang utama untuk dipelajari.

Sekali lagi isinya lumayan lengkap, terstruktur, contoh dan studi kasusnya ada berikut pembahasannya, dan satu yang penting enak dibaca, walau ga sekocak PHP In Action tapi apa yang dijelaskan di sana cukup mudah untuk dipahami.

JIka ingin buku Ruby yang seperti PHP Manual (ibarat kamus besarnya Ruby), maka buku Agile Web Development With Rails bukanlah jawabannya. Buku Ruby yang seperti itu adalah Ruby Cookbook.


Don't Make Me Think - A Common Sense Approach to Web Usability

I Love This Book. Satu kata : Amazing !

Buku ini bukan membahas tentang bahasa hewan, pemrograman atau bahasa-bahasa lainnya. Buku ini membahas bagaimana menyajikan suatu desain yang baik untuk pengguna. Istilahnya dalam mata kuliah yang gw ambil sekarang , Interaksi Manusia dan Komputer. Dan juga bukan membahas tentang photoshop!

Bagaimana menyajikan suatu halaman yang menarik dan tidak membingungkan pengguna, bagaimana menyajikan suatu halaman web yang terstruktur dan pengguna langsung mengerti menu (komponen) yang kita hadirkan di web tersebut, bagaimana dan bagaimana pengguna merasa puas dengan apa yang disajikan untuk mereka.

Buku ini lebih menekankan ke arah usability walaupun banyak juga ditekankan ke arah user experience-nya.


Yang gw senangi ama buku ini adalah banyaknya contoh kasus berikut pembahasan dan penjelasannya. Si penulis membahas sesuatu situs, dan merasa ada yang salah dari segi usabality (ataupun user experience-nya) trus dibuat versi penulis sendiri bahwa beginilah seharusnya web itu. Keren euy ...


Dan Lain-lain ...

Sebenarnya masih banyak buku lain yang ingin gw bahas, tapi udah kecapean . Jadi cukup sampai di sini. ^0^)

Bagi yang ingin belajar PHP atau Ruby, ikut aja komunitasnya baik milis ataupun forum.

Milis PHP-Indonesia : http://tech.groups.yahoo.com/group/phpug/

Milis Ruby-Indonesia : http://tech.groups.yahoo.com/group/id-ruby/

Jangan ragu untuk bertanya, sebab ilmu biasanya datang dari masalah, masalah umumnya penuh dengan iringan pertanyaan. (nyambung ga ya ... !@#$%^* ...)

7 comments:

Indah said...

Km punya buku php in action nya g freddy? kl ada pinjem dunkz

fR3dDy said...

Ada , ambil aja di kosan (^0^)

saad said...

hoho... oke banget euy buku-bukunya. gua cari juga ah....

Rudi-est said...

Woi... akhirnya sobok juo... jo 'PAJA' ko... keren-keren.. sekarang dah webmaster banget tuh... Fred.. ajari awak... awak 'finishing' setek lai... bikin tugas akhir... bara no. Hape...???? kirim ke no.hape aku... masih punyo dak??? ah yo... tolong ya... awak bergelut juo di dunia 'web'... hihihi bisa sama... udah punya coorporate gitu nggak??? ikutan dunk... klu belom... mari kita bangun bersama-sama... gw siap.. !!!! (hehehe sok....)

fR3dDy said...

@saad : Ayo Semangat :D !
@rudi-est : Hai, rudi , po kabar ? Cooporate ? Alun kapikiy sampai sinan ..

Rudi-est said...

Fred... ado tutorial... mencegah hacking dak???? SQl injection... dkk... huh... kawan awak... songong bana... aden emang indak ngarati istilah2 hack... tapi... mambana Fred.. nyo ngejek2 TA (website Tugas Akhir) awak... sakik ati...

fR3dDy said...

@rudi-est :
Ada, ebook PHP Security , masalah sql injection atau php enjection itu merupakan hal yang umum. Penjelasannya lumayan banyak di internet, googling aja ..
Btw, udah lama ga ketemu, mo ketemuan ga ? Kalau mau, kontak ke email aja ya ... cau .. +