Tuesday, April 8, 2008

My Curious is My Research

Rasa penasaran yang tinggi sering kali menimbulkan hal yang baru bagi kita. Sesuatu yang bikin kita semakin ada taste-nya gitu (^0^) dan ga ngebosanin ama nih hidup yang sempoyongan gitu terus. Rasa penasaran juga menjadi dasar informasi dan pengetahuan yang tumbuh jernih di otak yang unlimited space memory , tapi tidak terstruktur. Dan rasa penasaran membuat pola tingkah kita menjadi bermakna (setidaknya untuk diri gw sendiri pastinya!).

Ok, ni data hasil "kepenasaran" gw :

Membuat Website

Dari tingkat #1, rasa penasaran gw sangat tinggi pada hal ini. Anggapan gw dulu bikin web sama aja kayak bikin email di yahoo atau akun di FS. Ternyata.. tidak sama saudara-saudara ...

Hal ini baru gw tahu waktu mau naik ke tingkat #2, ternyata oh ternyata bikin web itu ternyata cukup beribet, untuk dasar harus belajar HTML dan CSS, JavaScript sebagai nilai plus. Untuk menampilkan web yang dinamis maka perlu belajar lagi PHP + MySQL . Pusing ...

Untungnya saat itu gw termasuk mahasiswa yang lumayan ga ada kerjaan lain selain kuliah, jadi waktu yang gw miliki untuk belajar tentang ini cukup banyak. Web pertama gw waktu itu adalah yuswanto.bravehost.com yang pure static (sekarang udah ga ada lagi). Kemudian dilanjutin ama www.onepiece.43i.net yang udah ke arah dinamic (udah g ada juga!) + www.blog-ozawa.co.nr yang dengan sengaja udah gw tarik dari peredaran (kerjaan yang benar-benar iseng).
  • Naik satu tingkat belajar tentang CMS Mambo, gimana cara bikin template, modul, dan componentnya.
  • Naik satu tingkat belajar OOP + Framework.
  • Naik satu tingkat belajar Ajax + konsep Web2.0.
  • Lagi berusaha advance ke CMS Drupal, susah euy...
  • Niatnya mo expert di dunia web. Amin.

Belajar Linux

Pengennya tampil beda ama yang lain. Ga tahunya ketagihan. Gw udah bikin profil gw tentang linux di link berikut.

Mengunduh Tanpa Batas di Kampus

DI kampus, unduhan dibatasi max. 20 MB, kalo ga salah juga antara pukul 16.30 - 00.00 cuma ampe 50 MB -- tapi ga tahu masih berlaku atau ga.

Nah, bagi gw yang hoby mengunduh ini itu, yang rata-rata gedenya di atas 50MB, pastilah aturan tersebut ngeselin banget bagi gw. Prinsip ngenet : Ga ada taste ngenet tanpa mengunduh.

Gw paling demen mengunduh ebook, software, PV, dan PB. Yang setelah gw telaah ternyata rata-rata gedenya lebih dari 20MB (dan ada yang sampai 200MB). Sebagai contoh :
  • ebook Don't Make Me Think - Steven Krug (My eBook Favorite), gedenya lebih dari 50MB (dan itu scan murni__ gw kira kayaknya dijeprat-jeprat pakai kamdig,masalahnya ada kelihatan jempol orang!), walaupun ada yang versi yang 16MB, tapi resolusinya kecil (scan_atau jeprat-jepret juga).
  • Software Netbeans (> 150MB), XAMPP for Linux (> 50 MB), atawa IBM Lotus Symphony (> 200 MB) !
  • PV atau PB , rata-rata 50 MB.
  • Dsb...

Gimana bisa ngenet dengan khusyuk, kalau aturannya seperti itu.

Sebenarnya ga akan masalah kalo ga negenet di kampus (ya iyalah...). Untuk sekedar unduh yang gede-gede, gw bisa aja numpang ngenet di DKP yang bandwith-nya ruarrrrr biasa gede, tapi mosok harus bolak-balik Jakarta-Bogor! Kalo di warnet, bayangin aja, 512 kbps dibagi beberapa komputer (> 10) , plisss dech ... mosok harus senam yoga gw nunggu unduhan finish ..., kalo di kantor tempat gw kerja sama aja ... fakir bandwidth ... Kampus solusinya .. 10 mbps!!

Nah rasa penasaran akhirnya timbul. Belajar.. belajar ... dan belajar pastinya..

Ternyata ada tekhnik untuk mengunduh tanpa batas di kampus, secara teknis pastinya ada. Tapi cara yang gw pakai untuk bisa nembus ke sono adalah cara ala Kevin Mitnick. Yaitu melalui pendekatan ke manusianya langsung (alias admin). Wakakaka ..., (sorry ga bisa bocorin karena udah janji ... )

Konsepnya sederhana, dengan SSH tapi dengan catatan tidak memaksa server bekerja terus-menerus atau menghabiskan bandwith, ntar server down! Unduhan di taro di server lokal, kemudian melalui SFTP unduhan diambil (di kampus FTP diblock, dan gw masih penasaran gimana cara bukanya..).

Cara ini juga bisa digunakan mengunduh dimana aja tanpa harus di kampus, asal ada akses internet. Lho ? Sebagai gambaran umum, kita ngunduh di warnet tapi bandwithnya bukan dari warnet, tapi dari kampus.

Hal ini ga berlaku di kampus BS, udah beberapa kali nyoba dan gagal! Pernah nanya ke salah satu mahasiswa di sana, dan jawabannya ??? ngaco!

Btw, gw pernah diremote ama root server kampus, yang notabene adalah dosen gw !!! * Tenang Pak, yang gw unduh untuk belajar juga kok ! *

Btw on the way naik busaway juga, gw dulu juga pernah minta akun SSH di DKP tapi ditolak mentah-mentah ... * kacian dech * . Ga berani (ato ga bisa) nge-hack, masalahnya teknisi IT-nya cukup up to date ngawasin server. Saat ini cuma dapat akun FTP doank ...

Bisnis

Tiap-tiap manusia pasti ingin jadi orang sukses, begitu juga dengan gw. Menjadi enterpreneur handal adalah impian. Sebenarnya ini belum ada hasil, karena gw masih ngidap kanker (kantong kering)! Tapi dari telaah pustaka baik tersirat maupun tersurat yang gw telusuri, pegangan penting yang harus kita bawa dalam berbisnis adalah "Risk Management Control" . Ada alasan mengapa kita berani, mengapa kita merasa mampu, dsb. itu semua berawal kita telah mengatur "Risk Management" sebelumnya. Mampu mengatur "Risk Management" berbisnis berarti kita mampu mengatur diri kita sendiri. Sampai sekarang hal ini masih gw pelajari... baik dari tersirat maupun tersurat ... * Yang jelas gw ga akan ikut-ikutan MLM , plis dech ... * Saat ini, ama beberapa teman lagi buka usaha.. doain lancar ya ... Amin.

Dan lain sebagainya (sebenarnya cuma sampai di sini sich). ^0^)/

Beberapa hal yang masih "mempenasarani" gw :
  1. Manajemen Aplikasi Video Streaming, status : udah ketemu sich, tapi explore ke dalam-dalamnya yang belum.
  2. Manajemen Galerry, status : secara tekhnis udah, tapi yang menjadi fokus adalah dibidang usabilityuser experience-nya. dan
  3. PHP Flash, status : sebatas penasaran !
  4. Mengapa di kampusku ga bisa FTP ??? , status : lagi nyari celah !
  5. FreeBSD , status : belum ketemu komputer yang cocok untuk dioprek ! Rencana pengen beli komputer lagi yang khusus untuk dioprek doank, tapi sayang ... budget berkata lain ... :(
  6. CentOS , status : sama kayak FreeBSD !
  7. Software Engineering Project, status : masih belajar. Biasanya berupa bentuk sharing ama teman-teman tentang project yang pernah mereka tangani masing-masing, tekhnik yang dipakai apa (waterfall atau iteraktif?), version control, kendala, masalah ureq (user requiretment-nya), solusi + pembahasan dikit tentang CMM dan CMMI.
  8. Search Engine, status : sebatas penasaran ! Udah dari SMA penasaran abis ama sistematika kerjanya Mbah Google, tapi hasil yang didapat selalu aja ... bingung !
  9. Pengen nonton konser Momosu ... (^0^)/ , status : lagi ngumpul doku biar bisa ke Jepang. Doain ya ...
Kesimpulan : Penasaran ama pelajaran di kuliah ... ???

3 comments:

Luthfi said...

hahhahahhaha
cuman elo lebih beruntung, masuk ilkom, jd lebih khusyuk belajarnya
lah gw, pake jurus ampibi
hihiihiihih
sampe sekarang cuman sekedar bisa2an

Luthfi said...

kata 'cuman' diganti pake 'sama,'
thx mods

fR3dDy said...

Met belajar aja Bos ...